Back To Top

Naruto VS Sasuke,who is the strongest?

kewarganegaraan

Posted by : Bebin Cahyadi

Latar Belakang Pendidikan Kewarganegaraan dan Kompetensi yang Diharapan

1.latar belakang pendidikan warganegaraan

Perjalanan panjang sejarah bangsan negara indonesia yang dimulai dari sejar era sebelumdan sesudah penjajahan, kemudian dilanjutkan dengan era perebutan dan mempertahankan kemerdekaan sampai hingga era pengisisan kemerdekaan menimbulkan kondisi dan tuntutan yang berbeda sesuai dengan zamannya. Kondisi dan tututan yang berbeda tersebut ditanggapi oleh bangsa indonesia bersamaan nilai nilai perjuangan bangsa yang senantiasa tumbuh dan berkembang.
Semangat perjuangan bangsa yang tak kenal menyerah telah terbukti pada perang kemerdekaan 17 agustus 1945. Semangat perjuangan bangsa tersebut di landasi oleh keimanan serta ketakwaan kepada tuhan yang maha esa.landasan perjuangan tersebut merupakan nilai-nilai perjuangan bangsa indonesia.

2.Kompetisi yang diharapan dari pendidikan kewarganegaraan.

a.hakikat pendidikan

masyarakat dan pemerintahan suatu negara berupaya untuk menjamin kelangsungan hidup generasi penerusnya secara berguna dan bermakna. Generasi penerus tersebut diharapkan akan mampu mengantisipasi hari depan mereka senantiasa berubah dan selalu terkait dengan konteks dinamika budaya,bangsa,negara dan hub internasional

b. kemampuan warga neraga
untuk hidup berguna dan bermakna serta mampu mengantisipasi perkembangan , perubahan masa depanya,suatu negara sangat memerlukan pembekalan ilmu pengetahuan,teknologi, dan seniyang berlandasan nilai-nilai pancasila, nilai-nilai keagamaan dan nilai-nilai perjuangan bangsa.

c. menumbuhkan wawasan warganegara
setiap warga negara republik indonesia harus menguasai ilmu pengetahuan ,teknologi,dan seni merupakan misi atau tanggung jawab pendidikan kewarganegaraan unutk menumbuhkan wawasan negara dalam hal persahabatan,pengertian antara bangsa,perdamaian dunia,kesadaran bela negara ,wawasan nusantara dan ketahanan nasional.

d. dasar pemikiran pendidikan kewarganegaraan
rakyat indonesia, melalui majelis perwakilannya (MPR). Menyatakan bahwa : pendidikan nasional yang berakar pada kebudayaan bangsa indonesia diarah kan untuk “ meningkatkan kecerdasaan serta harkat dan martabat bangsa,sehingga mampu membangun dirinya dan berkualitas mandiri , sehingga mampu membangun dirinya dan masyarakat sekelilingnya serta dapat memenuhi kebutuhan pembangunan rakyat sekelilingnya serta dapat memenuhi kebutuhan pembangunan nasional dan tanggung jawab atas pembangunan bangsa.

e. kompetensi yang diharapkan
kompetisi diartikan sebagai seperangkat tindangan cerdas, penuh rasa tanggung jawab yang harus dimiliki oleh seseorang agar ia mampu kompetensi lulusan pendidikan kewarganegaraan adalah seperangkat tindakan cerdas ,penuh rasa tangung jawab dari seorang warga negara dalam berhubungan negara dengan negara , dan memecahkan berbagai masalah hidup bermasyarakat ,berbangsa,dan bernegara dengan menerapkan konsepsi falsah bangsa,wawasan nusantara,dan ketahanan nasional.

B. pemahaman tentang bangsa ,negara, hak dan kewajiban warga negara ,hubungan warga negara dengan negara atas dasar demokrasi ,hak asasi manusia (HAM)

1. pengertian dan pemahaman tentang bangsa dan negara
Bangsa adalah orang-orang yang memiliki kesamaan asal keturunan,adat,bangsa dan sejarah  serta berpemerintahan sendiri. Bangsa adalah kumpulan manusia manusia yang biasanya terikat karena kesatuan bangsa dan wilayah tertentu di muka bumi.
Pengertian negara adalah suatu organisasi dari sekelompok atau beberapa kelompok manusia yang bersama-sama mendiami suatu wilayah tertentu dan mengakui adannya sesuatu pemerintahan yang mengurus tata tertib serta keselamatan sekelompok atau beberapa kelompok manusia tersebut.
Negara adalah suatu satu perserikatan yang melaksanakan satu pemerintahan melalui hukum yang mengikat dengan kekuasaan untuk memaksa untuk ketertiban sosial.
Unsur negara bersifat konstitutif. Ini berarti bahwa dalam negara tersebut terhadap wilayah yang meliputi udara,darat,dan perairan,rakyat atau masyarakat ,dan pemerintahan yang berdaulat
Unsur negara bersifat deklaratif , sifat ini di tunjukan oleh adanya tujuan negara, undang-undang dasar,pengakuan dari negara lain baik secara “de jure” maupun “de facto” dan masuknya negara dalam oerhimpunan bangsa-bangsa.
Dan bentuk negara dapat berbentuk negara kesatuan. 
Thursday, 28 March 2013

0 comments:

Visitor

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Bebin Cahyadi
cr7
View my complete profile

Copyright © 2012 Bebin Cahyadi | Naruto Vs Sasuke V2 Theme | Designed by Johanes DJ